Skip to main content

Server DHCP di SLES

Sekarang saya bakal ngasitau gimana si cara bikin DHCP Server pake Linux SLES , pertama saya bakal instal dhcpnya setelah itu baru saya konfigurasi , nah buat ngetesnya biar tau konfigurasi saya udah bener atau belum saya bakal nyiapin client Windows dan client Linux Centos untuk jadi client server DHCP saya yang akan minta ip static dari server DHCP .

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol pada jaringan komputer yang dapat menyediakan layanan untuk memberikan IP Address pada PC yang berada di jaringan tersebut .


Topologi
Mungkin yang pertama saya bakal kasitau dulu topologi seperti apa yang bakalan saya pake , sebenernya si topologinya ga ribet topologi biasa aja cuma ada server dan client yang terhubung menggunakan kabel LAN ataupun wireless . topologinnya seperti ini :
Kira-kira topologi yang saya gunakan seperti gambar diatas , kalo kalian mau bikin topologi yang lain juga bisa , disesuaikan aja sama konfigurasinya .

Konfigurasi SLES (GUI)
Yang pertama saya bakal kasitau cara GUI yaitu pake YaST , mungkin yang udah liat post saya yang sebelumnya udah tau . sebelum mulai buka YaST dulu yang ada di system tool .
1.Install DHCP
Sebelum konfigurasi kita instal dulu DHCPnya . kita bisa instal di Software Management .

Klik View>Pattern
Buat instal DHCPnya kita bisa kasih tanda centang di DHCP and DNS Server , kalo kalian mau instal DHCPnya biar proses instalnya ga terlalu lama kalian bisa pilih DHCPnya aja gausah instal DNSnya . terus klik Accept .
Diatas itu untuk konfigurasi dependencynya , pilih aja yang Automatic Changes . terus klik Continue untuk mulai proses instalnya .
Tunggu proses instalasinya sampe selesai , untuk instal dhcp ini bisa pake repositori lokal yang dari DVD , atau dari internet juga bisa .
Kalo udah klik Finish 

2.Konfigurasi IP Address
Kita harus konfigurasi ip address secara static biar dhcpnya ga bingung .

Terserah mau kalian kasih ipnya berapa , terus jangan lupa kasih gatewaynya , biasanya si ip si router atau kalo gaada routernya bisa juga pake ip opensuse yang barusan kita atur ,ga jadi masalah .

3.Membuat DHCP
Sekarang kita buat server dhcpnya , caranya klik DHCP Server di YaST .

Pilih interface yang bakal dijadiin dhcpnya terus klik Next .
Untuk konfigurasi DHCPnya kayak gambar diatas , bisa di sesuaikan sama server kalian , kasih ip server kita, ip gateway, untuk bagian sebelah kanan samain aja sama ip server kita, dan untuk ip 8.8.8.8 itu biar bisa terkoneksi dengan internet . kasih lease timenya berapa lama , jadi default lease time itu buat batas waktu si client bisa gunain ip dari dhcp server, kalo udah melebihi batas waktu setiap client bakal di kasih ip baru yang beda dari sebelumnya . kalo udah semua langsung aja klik Next
tentuin rangenya , ip range itu ip berapa aja yang bakal di kasih sama si dhcp . misalnya disini saya kasih 192.168.99.11 untuk first ip addressnya maka client pertaa yang minta dhcp bakal dikasih ip 192.169.99.12 , sama halnya dengan last ip address . kalo udah klik Next .
Pilih DHCP kita bakal start otomatis atau harus secara manual , saya si rekomendasiin untuk pilih When Booting biar gausah ribet nyalain dhcpnya dulu setelah nyalain server , tapi kalo kalian pilih manually juga ga masalah tapi jangan sampe lupa hehe . kali udah langsung aja klik Finish .
Untuk Konfigurasi GUI udah selesai gampang kan?testing pake clientnya bakal saya lakuin nanti setelah saya nunjukkin cara CLI jadi sabar ya hehe , atau kalo mau skip langsung ke testing juga gapapa .

Konfigurasi SLES (CLI)
Saya udah nujukkin cara bikin DHCP pake cara GUI , sekarang saatnya saya kasih liat bikin dhcp pake cara CLI . yang pertama jangan lupa harus ada terminal .
1.Install DHCP
Kita instal dulu dhcpnya pake terminal , atau kalo kalian mau instal pake cara gui juga gapapa , tapi saya bakal kasitau cara instal dhcp pake terminal . dan jangan lupa sebelum konfigurasi menggunakan terminal pastikan kalian sudah masuk ke super user/root biar lebih mudah . perintah untuk instal dhcpnya gampang seperti ini:zypper install dhcp dhcp-server dhcp-relay dhcp-tools dhcp-client . sebenernya yang wajib diinstal itu cuma dhcp, dhcp-server, dan dhcp-tools , yang lain itu cuma tambahan aja kalo mau bikin dhcp yang lebih advance lagi .
ketik y
Tunggu sampe selesai

2.Edit File Konfigurasi DHCP
kayak biasa kalo konfigurasi pake terminal harus edit scrip , untuk konfigurasi dhcp kita harus edit file /etc/dhcpd.conf . disini saya pake editor vim pake perintah vi /etc/dhcpd.conf atau kalo mau pake editor yang lain juga boleh .
Di bagian bawah tambahin skrip kayak gambar diatas , kalo udah langsung aja esc>:wq!>enter

3.Menjalankan DHCP
Hal terakhir yang harus kita lakuin yaitu nyalain dhcpnya pake perintah systemctl start dhcpd
Kalo kalian mau jadiin dhcp kita otomatis bisa pake perintah systemctl enable dhcpd . oiya kalo kalian mau apa yang dilakuin sama dhcp server kalian bisa liat status si dhcp pake perintah systemctl status dhcpd , biasanya kalo ada client yang minta ip dhcp bakal keliatan di status dhcpnya

Kalo udah running berarti sekarang saatnya test menggunakan client .


Testing (Linux)
Nah karna konfigurasi dhcpnya udah selesai sekarang saatnya test pake client Linux bisa ga si kita minta ip dari dhcp server yang barusan kita buat . Untuk linuxnya saya pake Centos 7 , untuk atur ip addressnya bisa pake nmtui abis itu pilih edit connenction abis itu pilih interfacenya abis itu jaddin IPv4 Automatic
Setelah itu tulis perintah systemctl restart network

Kalo udah berhasil jalanin perintah di atas si harusnya udah berhasil tapi biar lebih pasti kita tulis aja ip addr buat liat ipnya
  
Testing (Windows)
Sekarang coba test pake client windows bisa ga si windows minta ip dynamic
di pojok kanan ada lambang kabel ethernet terus klik kanan terus pilih Open Network and Sharing Center
 
Klik interface yang ada
Klik Properties
Pilih IPv4
Pilih Obtain an IP address automatically kalo udah klik OK
Untuk cek ip berapa yang di dapet bisa liat di details
   

 





 


   

Comments

Popular posts from this blog