Skip to main content

Membuat Repository di SLES

Sekarang saya akan menunjukkan cara untuk membuat Repository di Linux OpenSUSE . saya akan membuat repository lokal maupun repository yang membutuhkan akses internet , setelah itu saya akan mencoba untuk menginstal paket menggunakan lewat repository yang sudah saya buat .
Repository adalah tempat untuk menyimpan berbagai aplikasi yang di gabungkan di dalam satu tempat agar pengguna linux mudah dalam menginstal aplikasi maupun dependencies .

Konfigurasi Repository Lokal (GUI)
Pertama saya akan menunjukkan membuat repository lokal dengan cara GUI yang bisa dibilang lebih mudah , untuk repositoryya akan kita ambil dari DVD Instalasi OpenSUSE .
1.Membuat Direktori Repository
Untuk membuat Repository kita membutuhkan direktori yang digunakan untuk menampung file Repository tersebut . biar gampang kita bikin aja di direktori Home , buat direktori /home/repo





2.Memasukkan dan Mounting DVD
Selanjutnya kita masukin DVD Instalasi OpenSUSE ke DVD player , terus kita mounting . cara mountingnya tinggal klik kaset yang ada di bagian Devices terus biasanya kita akan diminta password si akun root .
Klik kaset yang kita udah masukkin , disini nama kaset saya adalah "SLE-12-SP1-SERVE..." kalo kaset kalian beda berarti kasetnya beda tapi gaada masalah
Masukkin password si akun root , terus klik "Authenticate"

Kalo udah keliatan isi dari DVDnya berarti udah berhasi ke mount .
Langsung copy aja semuanya karna nanti bakalan kita copy semua file yang ada di kaset ke direktori yang tadi udah kita buat .

3.Menyalin File dari DVD ke Direktori repo
Karna sebelumnya semua file di DVD udah kita copy jadi hal yang harus kita lakuin sekarang adalah copy file tersebut ke Direktori yang tadi udah kita buat .
Untuk menyalin (paste) , klik kanan pada mouse pilih paste
Tunggu proses menyalin selesai , sabar kalo agak lama karna emang filenya ga sedikit.

4.Memasukkan Direktori
Terakhir kita harus masukkin direktori yang ada file dari DVD ke dalam daftar repository yang bisa kita lakuin lewat YaST

Klik Software Repositories
Kalo kita liat di list repository sebenernya udah ada repository DVD tapi kalo mau ngambil aplikasi dari repository itu DVD harus termounting , nah gimana kalo DVDnya lagi gaada misalnya lagi di pinjem atau menghilang dan saat itu kita juga gapunya akses internet , untuk mencegah masalah seperti itu kita bisa menggunakan cara ini supaya kita gaperlu repot nyari DVD tersebut , karna kita udah menyalin semua file dari DVD tersebut ke komputer kita .
Untuk bikin masukkin repository baru kita bisa klik "Add" ,saran saya ilangin aja tanda centang Enabled pada repository DVD .
Karna kita Repository kita ada di sebuah direktori jadi kita pilih Local Directory , lalu klik "Next"
Setelah itu langsung aja klik "Browse" buat ngarahin repository ke direktori yang udah kita buat tadi
Pilih direktori yang tadi udah di buat dengan klik "Choose"
Kasih nama repositorynya , disini saya kasih nama "Local Repository" lalu klik "Next"
Baca dulu ketentuannya baru beri tanda centang pada I Agree to the License Terms kalo udah langsung aja klik "Next"
Kalo kita repository di repository listnya udah bertambah sesuai sama yang barusan kita buat , untuk menyimpan repository tersebut langsung aja klik "OK"
Kalo udah muncul list repository kayak gambar diatas berarti kita udah berhasil nambahin repository DVD tanpa harus mounting DVD tersebut .

Konfigurasi Repository Lokal (CLI)
Sekarang saya akan nunjukkin bikin repository lokal kayak diatas tapi pake cara CLI atau cara menggunakan terminal . kenapa ngasitau cara yang pake terminal?padahal ada yang lebih gampang tinggal klik-klik aja . karna banyak pengguna Linux yang lebih nyaman menggunakan Terminal untuk mengkonfigurasi Linuxnya , dan saya termasuk para pengguna tersebut .
1.Membuat Direktori Baru
Untuk membuat Repository Lokal lewat terminal kita juga harus membuat Direktori baru sama kayak cara GUI . untuk membuat direktori baru kita bisa menggunakan perintah mkdir .
Oiya supaya gampang saya rekomendasikan masuk ke super user terlebih dahulu dengan perintah sudo su terus masukkin password akun root , kalo kalian gamau masuk ke super user terlebih dulu ga masalah tapi kalian harus mengawali setiap perintah yang kalian masukkan dengan perintah sudo
Setelah masuk super user tulis perintah "mkdir /(namadirektori)"

2.Memasukkan dan Mounting DVD
Untuk mounting DVD lewat terminal bisa menggunakan perintah mount
Tulis perintah "mount /dev/cdrom /(namadirektori)" biasanya linux bakal nempatin DVD di /dev/cdrom kalian sesuaikan aja sama linux kalian , untuk direktori tempat mountingnya kalian bisa bikin direktori baru terus mounting DVD di direktori itu atau kalian bisa mounting di direktori /mnt dan /media .

3.Menyalin File dari DVD ke Direktori repo
Kalo udah berhasil mount langsung aja kita copy semua file dari DVD ke direktori repo yang udah kita buat pake perintah cp -ar
Tulis perintah "cp -ar /(direktorimounting) /(direktorirepo)" tunggu beberapa saat sampe proses menyalin selesai .
4.Membuat File .repo
Perbedaan cara CLI dengan cara GUI kita harus membuat file berekstensi .repo yang berisi informasi dari repository yang akan kita buat . saya menggunakan editori vim untuk membuat file ini , tuliskan perintah "vi /(direktorirepo)/(namafile).repo"
Isi file tersebut seperti gambar diatas
Untuk baseurl sesuaikan dengan direktori repo kalian . jika sudah kita bisa menyimpan file dan keluar dari editor dengan cara mengetikkan esc>:wq! lalu tekan enter .

5.Menambah Repository
Sekarang kita harus menambahkan Repository tersebut menggunakan perintah zypper ar
Tulis perintah "zypper ar -r /(direktorirepo)/(namafile).repo" jika sudah muncul tulisan succsesfully added berarti repository berhasil ditambahkan

6.Refresh Repository
Selanjutnya kita refresh Repository baru yang sudah ita tambahkan agar aplikasi yang ada di dalamnya dapat diketahui oleh komputer
Tulis perintah "zypper ref && zypper up"
Kita juga bisa melihat List Repository yang ada dengan cara menuliskan perintah "zypper repos"
Bisa diliat ada Repository yang kita tambahin tadi di list repository

Konfigurasi Repository Internet (GUI)
Selanjutnya saya akan ngasitau cara untuk membuat Repository yang membutuhkan koneksi internet , saya gatau kalian nyebutnya apa tapi saya nyebutnya repository internet karna paketnya diambil datri internet . kenapa si bikin repository yang harus ada koneksi internet?padahal kan ada repository yang ga perlu koneksi intenet . karna repository lokal yang ga perlu koneksi internet ga akan ada perbaruan , sedangkan setiap aplikasi harus diperbarui dalam jangka waktu tertentu untuk memperbaiki kekurangan aplikasi tersebut , nah untuk mewujudkan hal tersebut maka linux membuat Repository Internet yang selalu melakukan perbaruan . cara membuat Repository Internet lebih mudah daripada repository lokal , kita tidak perlu membuat direktori karna aplikasi repository tersebut tetap ada di internet .
1.Memasukkan Repository
Sebelum masuk ke YaST untuk masukkin repositorynya ada baiknya kita cari dulu url repositorynya , kita bisa cari url repository di search engine , banyak url repository yang bisa kita dapat dari berbagai server . saya menggunakan 4 url repository ini
ya seperti biasa kalo cara gui berarti harus masuk YaST dulu.
Klik Software Repositories
Klik Add
Karna kita bakal ngambil repository dari internet jadi pilih aja Specify URL terus klik Next
Masukkin url yang tadi udah saya kasih diatas , atau kalo kalian punya url sendiri bisa di sesuaikan . setelah itu kasih nama reponya terus klik Next .
Kalo pertama kali masukkin repository dengan url tertentu pasti akan keluar peringatan kayak diatas karna linux menganggap sumber repository tidak aman , tapi ga masalah si linux cuma takut . biar si linux ga takut kita bisa klik Trust .
Tunggu prosesnya sampai selesai , biasanya si ga lama .
Selanjutnya langsung masukin aja 3 url sisanya , biasanya si setiap url repository itu ada pasangannya , biasanya ada 4 atau lebih . 

Baca ketentuannya terus langsung aja klik Next

Kalo udah semua urlnya kita masukkin pasti bakalan muncul repository baru di list repository dengan url yang sama .
Sekarang kalo kita liat ada 4 url yang tadi saya tambahkan , langsung aja klik OK setelah itu tunggu proses download cache dari url tersebut .

Konfigurasi Repository Internet (CLI)
Nah kalo tadi kita udah bikin repository internet pake cara gui , sekarang kita akan buat repository internet pake cara CLI . caranya juga gampang kita gaperlu bikin direktori dulu , langsung aja buka terminal dan jangan lupa untuk masuk ke super user pake perintah sudo su . langsung aja kita tambahin repositorynya pake perintah zypper ar , kalo repository lokal harus bikin file .repo nya dulu , untuk repository internet kita gaperlu ngelakuin hal tersebut kita langsung aja masukkin urlnya di belakang perintah zypper ar
Setelah masuk super user langsung aja kita tulis "zypper ar -f (url)" 
Kalo udah ada tulisan succesfully added berarti sudah berhasil ditambahkan
Setelah itu langsung aja masukin url yang lainnya pake perintah yang sama .


Kalo udah semuanya kita cek lagi buat mastiin kita udah nambahin repository tersebut . tulis aja perintah zypper repos untuk liat list repository yang ada .
Dan karna repository yang barusan kita tambahin sumbernya dari internet kita harus update si repo tersebut dengan perintah zypper update
Tunggu proses updatenya biasanya agak lama karna yang di download ga sedikit .

Install dari Repository
Kalo kita udah bikin repository baik lokal maupun internet kita bisa coba untuk instal aplikasi yang ada , kalo bisa berarti repository bekerja dengan baik tapi kalo gabisa berarti ada yang salah dengan konfigurasi yang kalian lakukan atau koneksi internet kalian bermasalah . saya akan coba untuk instal editor nano ,kalo kalian mau instal aplikasi lain juga boleh . Untuk instal aplikasi pake perintah zypper instal (namaplikasi)
 langsung enter aja ato kalo mau di ketik y dulu juga boleh
Kalo udah berhasil di instal langsung aja kita tes aplikasi yang udah kita instal
 
Mungkin itu aja yang bisa saya kasitau , sebenernya banyak cara-cara lain selain cara yang barusan saya kasitau tapi itu cara yang saya ketahui , semoga bermanfaat hehe .  
 
 
 

Comments

  1. Misi gan, mau tanya.
    perbedaan "su" , "sudo su", "su -" . "sudo -" apa ya..

    makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog