Skip to main content

Mod Proxy Apache "lbmethod" - Centos 7

Sekarang saya bakal nunjukkin cara bikin web server kita load balance pake metode lbmethod yang akan saya lakukan pake Mod Proxy . nanti saya bakal bikin 3 server yaitu ns.raihan.net yang bakal saya gunakan sebagai controllernya dan node1/2.raihan.net . Goalnya adalah menjadikan server node seolah-olah terlihat sebagai server ns .

Load Balace adalah cara untuk membagi beban secara seimbang ke semua server yang ada di jaringan tersebut . biasanya Load Balance ini dipake kalo web server yang ada di sebuah jaringan diakses oleh ribuan orang yang gamungkin semua request di tampung sama 1 server . sebuah perusahaan bakal bikin 1 server controller dan banyak server node yang memiliki tampilan web server yang sama dengan server controller jadi request yang ada akan di bagi ke semua server node yang ada .  


Konfigurasi IP Address
Sebelum mulai konfgurasi ada baiknya kita atur dulu ip address dari masing-masing server , temasuk clientnya . 
ns
node1
node2
 client


Konfigurasi Server (NS dan NODE)
Yang pertama konfigurasi DNSnya dulu yang bisa diliat di post saya yang sebelumnya . untuk konfigurasi bind sebenernya kalo kalian gamau konfigurasi di 3 servernya kalian bisa aja konfigurasiin di server controllernya aja (NS) ,tapi kalo suatu saat server NS kalian mati siap-siap aja kalian gabakal bisa ping semua server kalian walaupun server node masih nyala . buat antisipasi kalau sewaktu-waktu server controller kalian mati kalian bisa pake cara 
DNS Master Slave

2.PING Domain
Jangan lupa test ping dulu setiap nama domain yang udah dibuat , ip yang reply sesuai apa engga sama yang udah kita atur .



4.Cek Modul Mod_Proxy (NS)
Cek dulu modul mod_proxynya ada atau engga di centos 7 kita pake perintah grep "mod_proxy" /etc/httpd/conf.modules.d/00-proxy.conf . biasanya sih untuk modul mod proxy bakalan langsung ada setelah kita instal apachenya .

5.Membuat File Konfigurasi Mod Proxy (.conf)(NS)
Sekarang kita buat file konfigurasi Mod proxynya yang di letakkan di direktori /etc/httpd/conf.d/ untuk namanya bebas yang penting adalah ekstensinnya .conf
Kalo kalian mau web kalian ganti server setiap 2 kali refresh berarti tinggal ganti aja Loadfactornya jadi 2 . kalo udah langsung save aja filenya .

6.Restart Apache(NS)
Biar konfigurasinya aktif kita restart dulu apachenya pake perintah kayak di bawah . 

Testing (Client)
Sekarang kita coba test dari web browser client terus tulis nama domain server controllernya .

kalo kita nulis nama domain server controller tapi yang muncul tampilan web server node1 dan kalo di refresh jadi tampilan web server node2 berarti konfigurasi kita udah bener

Sekian tutorial dari saya ,terima kasih semoga bermanfaat . 

  

Comments

Popular posts from this blog