Skip to main content

Management User di Mikrotik

Hari ini saya bakal kasitau kalian gimanasi caranya modif settingan user?atau yang biasa kita sebut Management User mungkin ada beberapa dari kalian yang mau mikrotik kalian ga gampang untuk di bobol , bisa menerapkan cara yang akan saya tunjukkin hari ini .

Yang pertama saya bakal ksaitau cara ngatur permission user , kalo user admin memiliki akes full berarti akun admin ini bisa ngelakuin apa aja termasuk reset konfigurasi router . ada 3 permission yang ada saat kita beli routerboard yaitu full, read, write dan dari setiap permission tersebut ada perbedaan aksesnya . tapi kita bisa juga bikin group permission sendiri dan ngasih permission sesuai kemauan kita , tapi untuk ngelakuin itu harus pake akun admin jadi langsung aja kita mulai tapi menggunaka akun admin , terus buka menu system>user
Sekarang buat user baru , atau kalo kalian gamau buat user baru gapapa kalo kalian punya user lain bisa edit yang itu terus di ubah permissionnya , tapi saya saranin jangan ubah apapun di user admin hehe .
Bikin user baru terus ubah permissionnya jadi read kalo udah klik ok
setelah itu tutup winbox terus buka lagi winboxnya dan akses routerboard pake user user1 dan liat apa perbedaannya

cara ceknya sebenernya ga harus di address list tapi saya pake address list aja . nah sekarang kalo kita liat kalo pake user yang permissionnya read kita gabakal bisa ngelakuin konfigurasi apa-apa karena kita cuma bisa liat konfigurasi yang ada di routerboard aja tapi gabisa ngerubah .
Nah sekarang kalo kalian udah ngerti permission read sekarang saya bakal kasitau yang permission write langsung diganti aja user yang ada jadi permission write tapi jangan lupa untuk pake user admin
Nah kalo udah langsung aja klik ok abis itu login pake akun user1
setelah itu liat di menu adress list dan menu users

Kalo kita liat kita bisa menambahkan atau mengedit ip adress tapi kita gabisa mengedit konfigurasi user , jadi kalo write itu kita bisa konfigurasi tapi kita tetep gabisa kongfigurasi secara full access misalnya kita gabisa ngubah atau nambahin user , gabisa ganti password .

Sekarang saya akan membatasi akses dari user1 , saya mau si user satu hanya bisa akses routerboard menggunakan web , tidak bisa akses routerboard lewat winbox, ssh, telnet, dan ftp .gimana caranya?sebenernya caranya masih sama yaitu merubah permission pada suaatu user , bedanya adalah kita akan bikin permission baru yang cuma ngebolehin user akes routerboard lewat web .
caranya adalah masuk ke menu user terus pilih menu groups
langsung aja tambahin permission yang baru tapi kalo kalian mau edit user yang lama juga ga masalah .
kasih tanda centang di web , tapi kalo kalian ragu ikutin aja kayak di gambar yang terpenting si web karna itu tujuan saya , kalo udah klik ok .
Sekarang balik lagi ke menu user terus ubah user1 jadi permission yang baru dibuat barusan .
kalo udah langsung aja test masih bisa apa engga si user yang udah di ubah permissionnya akses routerboard lewat winbox , terus test juga akses lewat web
user1 pasti gabisa akses routerboard lewat winbox karna tadi permission user1 udah kita ilangin winboxnya jadi mau kayak gimana pun kalo pake user1 ya gabakal bisa akses routerboard . sekarang test pake web
coba tulis ip routerboard di url browser terus login pake user1
kalo lewat web pasti bisa masuk pake akun user1 karna di permission user satu ada tanda centang di web .

Ada lagi cara terakhir untuk memanipulasi routerboard kita , caranya adalah memperbolehkan ip tertentu untuk login menggunakan akun tersebut , jadi kalo ip pc/laptop yang terhubung ke routerboard kita ga sesuai sama yang dimau di routerboard maka kita gaakan bisa akes routerboard pake ip itu .
caranya langsung aja masuk ke menu user terus edit user yang mau diubah
kasih ip yang boleh akses di allowed address , kalo udah langsung aja klik ok
sekarang coba kita keluar dan ubah ipnya kayak ip yang ditentuin barusan .
kalo udah dicoba akses pake winbox
pasti bisa akses karna ip si laptop/pc yang terhubung sesuai .
sekarang coba diganti ipnya terus login lagi pake winbox

pasti gabisa karna ipnya ga sesuai

ya sekian teman-teman tutorial dari saya semoga bermanfaat .

 
 


Comments

Popular posts from this blog