Skip to main content

Network Devices

Network Devices adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer maupun perangkat elektronik agar dapat terkoneksi dan digunakan secara bersama-sama di dalam satu jaringan.Dan         dalam membuat jaringan peranan Network Devices ini sangatlah penting.
Berikut adalah macam-macam Network Devices:

  • Network Interface Card (NIC) 
  • HUB
  • Switch
  • Router
  • Access Point
-Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (ethernet card/LAN Card) merupakan perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan.Dan NIC komputer dapat dikonfigurasikan untuk bekerja dalam mode full duplex (dapat mengirim dan menerima data secara bersamaan). Namun juga dapat dikonfigurasikan dalam mode half duplex.Namun Penggunaan NIC harus disesuaikan dengan kabel yang akan digunakan.





-HUB
HUB juga dapat berfungsi sebagai konsentrator dalam jaringan yang menggunakan topologi star, sehingga dapat dibutuhkan untuk memperluas area kerja jaringan. HUB hanya bekerja secara half duplex sehingga tidak dapat mengirimkan dan menerima data sekaligus. HUB dapat bekerja dengan bandwidth 10 Mbps maupun 100 Mbps.






-Switch
Switch merupakan perangkat yang memiliki peran yang sama  dengan HUB. Kelebihannya adalah alat ini memiliki tabel CAM (Cable Addressable Content) yang berguna pada saat akan meneruskan frame. Dengan melihat CAM Table, Switch dapat menentukan ke port mana sebuah frame akan diteruskan, sehingga kemungkinan collision dapat dihindari.
Switch dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu :
•Manageable Switch, Switch yang dapat dikonfigurasikan, biasanya dilengkapi dengan protokol-protokol tambahan yang dapat meningkatkan kinerja dalam jaringan, misalnya Virtual LAN, Spanning Tree Protocol, dan lain-lain
•Unmanageable Switch, Switch yang tidak dapat dikonfigurasikan, umumnya hanya memiliki fitur-fitur standar



-Router
Router merupakan perangkat jaringan yang sanggup menganalisa sebuah paket dan frame secara lebih detail (melebihi kemampuan Switch). Router memiliki paling sedikit dua buah Network Interface Card. Beberapa router memiliki interface wireless (tanpa kabel), router jenis ini sering disebut Wireless Router.








-Access Point
Access Point merupakan peralatan jaringan tanpa kabel (wireless) atau Wireless LAN (WLAN). Access Point bekerja dengan menggunakan gelombang elektromagnetik pada frekuensi 5 GHz atau 2,4 GHz. Access Point dapat mengirimkan data dengan bandwidth maksimal 54 Mbps dengan jangkauan sekitar 100 meter. Saat ini peralatan wireless dipasaran menggunakan standarisasi 802.11n dengan kemampuan di atas 54 Mbps.







Comments

Popular posts from this blog